ABSTRAKS
M. REZA INDRAWAN (21206149)
ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT JENIS PRODUK PADA PT MULTIBREEDER ADIRAMA INDONESIA.
PI. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2009
Kata Kunci : Analisis Biaya Pemasaran Menurut Jenis Produk Pada PT Multibreeder Adirama Indonesia.
(x + 60 + Lampiran )
Biaya pemasaran mencakup semua biaya yang terjadi sejak produk selesai diproduksi sampai dengan produk diubah kembali dengan bentuk uang. Dengan demikian biaya pemasaran meliputi biaya pergudangan, advertensi, penjualan, pembungkusan dan pengepakan, kredit dan penagihan, dan akuntansi pemasaran. Oleh karena itu, biaya pemasaran perusahaan menjadi bagian penting dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan, karena pentingnya biaya pemasaran bagi perusahaan maka penulis membantu perusahaan untuk mengetahui didaerah mana yang hasil penjualannya lebih banyak, untuk mengetahui didaerah mana yang biaya pemasarannya lebih tinggi dan untuk mengetahui didaerah mana yang lebih baik dalam meningkatkan laba bersih perusahaan menurut daerah pemasaran.
Atas kesimpulan diatas penulis tergerak untuk melakukan observasi langsung dan untuk mengetahui analisis biaya pemasaran produk Day Old Chiks yang berlokasi di jalan raya Gisting atas dan di jalan raya Campang, Kabupaten Tanggamus, Lampung.Setelah melakukan penelitian dan menganalisanya, penulis menarik kesimpulan bahwa laba bersih yang diperoleh tiap jenis produk adalah DOC Silver sebesar Rp 177.359.110, DOC Gold sebesar Rp 466.490.178, dan untuk DOC Platinum sebesar Rp747.764.334. Namun, dari hasil ketiga jenis produk tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis produk DOC Platinum memilik hasil penjualan, jumlah biaya pemasaran, serta laba bersih yang lebih besar dibandingkan dengan produk DOC Silver dan produk DOC Gold.
(Daftar Pustaka 1990 - 2008)
1.1. Latar Belakang
Dalam dunia perusahaan untuk menjalankan usahanya setiap perusahaan berusaha untuk menigkatkan jumlah produk yang dihasilkan secara terus-menerus dan mencoba mengendalikan biaya pemasaran pada setiap jenis produk yang dihasilkan perusahaan. Dengan semakin ketatnya persaingan yang terjadi antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain semakin besar pula biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya bahkan melebihi biaya produksi dan biaya lainnya. setiap perusahaan bertujuan untuk memperoleh laba dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Dalam memperoleh laba tersebut setiap perusahaan akan dihadapkan pada suatu masalah yaitu, bagaimana agar pertukaran produk yang dihasilkan dapat mencapai kondisi yang stabil, sehingga perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Dalam pasar yang bersifat kompetitif, biaya pemasaran perusahaan menjadi bagian penting dari keseluhan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Oleh karena itu akutansi biaya pemasaran bertujuan untuk menyajikan informasi bagi manajemen untuk penentuan harga pokok produk, pengendalian biaya pemasaran, penentuan biaya perusahaan, dan satuan kegiatan pemasaran. Upaya yang dilakukan perusahaan agar dapat memasarkan produknya dengan sukses yaitu dengan cara mencari tahu jenis produk apa yang dikehendaki oleh para konsumen, disamping itu perusahaan dapat pula memperoleh laba yang diinginkan. Oleh sebab itu yang menjadi penghambat dalam perusahaan adalah bagaimana meningkatkan kegiatan pemasaran serta pengaruhnya biaya pemasaran didalam menghasilkan laba yang diperoleh perusahaan.
Dalam arti sempit biaya pemasaran dibatasi sebagai biaya penjualan yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk kepasar. Sedangkan dalam arti luas biaya pemasaran mencangkup semua biaya yang terjadi sejak produk selesai diproduksi sampai dengan produk diubah kembali dalam bentuk uang, dengan demikian biaya pemasaran meliputi biaya penagihan, pergudangan, penjualan, kredit dan, laporan laba/rugi. Biaya pemasaran mempunyai karakteristik yang berlainan dengan biaya produksi. Biaya pemasaran seringkali mengalami perubahan karena untuk menyesuaikan dengan perubahan pasar. Tidak sepeti halnya dengan biaya produksi, ukuran efesiensi biaya pemasaran sulit untuk diterapkan. Biaya pemasaran banyak mengandung biaya tidak langsung dan biaya bersama yang menimbulkan kesulitan alokasi biaya, dengan adanya biaya pemasaran ini perusahaan mengusahakan agar produktivitasnya yang dilakukan perusahaan dalam meningkatkan jumlah produk dapat memberikan batas konstribusi yang besar dan dapat mencapi potensi penjualan yang diharapkan perusahaan.
Pada umumnya biaya pemasaran merupakan tolak ukur bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatan pemasaran sehingga perusahaan dapat mengukur berapa besarnya batas konstribusi setiap jenis produk didalam menghasilkan laba. Atas dasar pernyataan diatas, maka penulis memilih judul : ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT JENIS PRODUK PADA PT MULTIBREEDER ADIRAMA INDONESIA.
1.2. Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Bagaimana alokasi biaya pemasaran menurut jenis produk dan laba bersih untuk setiap produknya ?
2. Dari ketiga jenis produk tersebut, manakah yang memberikan konstribusi laba paling tinggi terhadap perusahaan ?
Dalam penulisan ini, penulis membatasi masalah penelitian sebagai berikut :
1. Pembahasan yang ditelaah hanya menghitung tarif alokasi biaya pemasaran menurut jenis produknya.
2. Laporan keuangan laba/rugi biaya pemasaran menurut jenis produknya serta kinerja perusahaan dibatasi hanya pada pencapaian laba bersih perusahaan yang tinggi pada jangka tahun 2006.
1.3. Tujuan Penelitan
Berdasarkan dari rumusan permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian ini sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui besarnya alokasi biaya pemasaran menurut jenis produk dan besarnya laba bersih dari setiap produknya.
2. Untuk mengetahui jenis produk yang memberikan konstribusi laba paling tinggi terhadap perusahaan.
1.4. Manfaat Penelitian
1.4.1. Manfaat Akademis
1. Bagi mahasiswa, mahasiswa belajar mengimplementasikan teori-teori yang didapat selama perkuliahan pada dunia kerja yang nyata.
2. Bagi perusahaan sebagai salah satu bentuk perwujudan suppertivitas terhadap pendidikan dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penelitian di perusahaan tersebut.
1.4.2. Manfaat Praktis
Bagi pihak-pihak lain dapat dijadikan bahan acuan dalam pembuatan penelitian yang lebih sempurna dimasa yang akan dating dan bermanfaat bagi perusahaan untuk mengambil sebuah keputusan dalam menentukan biaya pemasaran.
1.5. Metodologi Penilitian.
1. Objek Penelitian
Untuk menyempurnakan hasil penelitian maka penelitian dilakukan pada PT Multibreeder Adirama Indonesia sebagai distributor Day Old Chiks.
2. Metode Pengumpulan data.
Dalam metode penelitian ini, penulis melakukan penelitan dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara studi lapangan dan studi kepustakaan.
3. Data / variable yang digunakan.
Dalam penulisan ilmiah ini, penulisan data yang diberikan secara garis besar dalam penelitian ini adalah data primer. Karena data ini diambil secara per-unit, bukan secara nasional dan tidak dipublikasikan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini secara garis besar meliputi : biaya penjualan, biaya pergudangan, biaya pengiriman, akuntansi pemasaran.
4. Alat Analisis
Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan secara garis besar adalah perhitungan biaya pemasaran menurut fungsi pemasaran, perhitungan tarif alokasi biaya pemasaran, metode kuantitatif dan perhitungan laporan laba/rugi, dan metode deskriptif yang diteliti.
1.6. Sistematika Penulisan.
Didalam sistematika penulisan penelitian ilmiah ini terbagi atas bab-bab yang secara garis besarnya terdiri dari :
BAB I. PENDAHULUAN.
Dalam bab ini penulis mengemukakan mengenai latar belakang masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II . LANDASAN TEORI.
Dalam bab ini penulis akan mengemukakan pengertian-pengertian dari biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum, serta teori-teori lain yang mendukung untuk penulisan penelitian ilmiah ini.
BAB III. METODOLOGI PENELITIAN.
Dalam bab ini penulis akan menjelaskan pembahasan tentang objek penelitan, metode pengumpulan data, jenis dan sumber data, dan metode analisis data.
BAB IV. PEMBAHASAN DAN ANALISA DATA.
Bab ini adalah inti pokok dari penulisan ilmiah. Bab ini yang akan mengemukakan pembahasan terhadap permasalahan tentang analisis biaya pemasaran, data dasar alokasinya biaya berdasarkan data yang ada di perusahaan.
BAB V. PENUTUP
Dalam bab ini akan dikemukakan tentang kesimpulan dan saran terhadap hasil dari analisis biaya pemasaran tersebut.
Arkanti. 2008 . “Analisis Biaya Pemasaran Menurut Jenis Produk Terhadap Volume Penjualan Mobil Suzuki Escudo Pada PT Indomobil Suzuki Internasional Jakarta”. Dalam (http://one.indoskripsi.com/node/4458).
Covey, 2000. “Pemasaran, Konsep dan Strategi”. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Gramedia.
Hadrijah. 2005. “Analisis Biaya Pemasaran Menurut Jenis Produk Sebagai Usaha Mengoptimalkan Laba Pada PT Mustika Ratu Tbk”. Skripsi. Jakarta. Unversitas Gunadarma.
Kartika. 2008. “Analisis Biaya Pemasaran Menurut Jenis Poduk Pada PT Sinar Sosro”. Skripsi. Jakarta.
Kotler, Philip, 2000. “Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall”. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba 4.
Mazt, Adolph dan Milton F. 1992. “Akuntansi Biaya, Perencanaan dan Pengendalian”.Erlangga. Jakarta
Mulyadi. 2002. “Akuntansi Biaya Edisi 5”. Yogyakarta : Penerbit Universitas Gajah Mada
halo, boleh minta softcopy kak?
BalasHapusaku baru dapet tugas ini dari bu Kartika hehe
studentsite sekarang ga bisa dibuka, jadi ga bsa akses buat download materi di gunadarma..
thanks ya kak :)