Apakah Perusahaan Memerlukan Perencanaan Strategi..?
Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan-tujuan jangka panjang. Strategi bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi, maupun joint venture. (David, 2003). Strategi mempunyai konsekuensi multifungsional dan multidivisional, sehingga dalam perumusannya perlu mempertimbangkan faktor-faktor internal maupun eksternal perusahaan.
Memasuki era perdagangan bebas yang semakin bersaing dan kompetitif, suatu perusahaan harus mempunyai suatu perencanaan strategis dalam menjalankan kegiatan bisnis perusahaan sehingga dapat mengoptimalkan pencapaian objektif dari perusahaan dan dapat menempatkan perusahaan pada posisi yang optimal di dalam lingkungan yang kompetitif.
Didalam perencanaan strategi, perusahaan harus merumuskan strategi untuk memanfaatkan kekuatan internal dan peluang-peluang eksternal, serta untuk menghapus kelemahan-kelemahan internal dan mengurangi dampak ancaman-ancaman eksternal, Namun demikian perlu diperhatikan bahwa strategi-strategi yang dirumuskan paling baik dan diimplementasikan paling baik sekalipun akan menjadi ketinggalan jaman, ketika lingkungan eksternal dan internal perusahaan berubah. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap perusahaan untuk mengkaji kembali, mengevaluasi, dan mengontrol pelaksanaan suatu strategi.
Oleh karena itu, Apakah suatu perusahaan memerlukan perencanaan strategi ? “YA”. Karena suatu perusahaan harus mempunyai perencanaan strategi dalam menjalankan perusahaan. Dengan adanya perencanaan strategi akan membantu suatu perusahaan untuk mencapai sasaran serta mengatasi masalah-masalah yang ada sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain dan sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan pencapaian objektif serta dapat menempatkan perusahaan pada posisi yang optimal di dalam lingkungan yang kompetitif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar